5 Bukti Sebenarnya Dirimu Perempuan Berjiwa Dewasa yang Tegar

Kedewasaan seseorang tak hanya dipengaruhi oleh usia. Pengalaman, cara pandang, hingga sikap dalam menghadapi berbagai situasi bisa memengaruhi tingkat kedewasaan diri. Bisa jadi selama ini kita adalah perempuan yang berjiwa dewasa, hanya saja belum cukup menyadarinya.

Secara umum, seorang perempuan berjiwa dewasa punya kualitas berikut ini. Tak hanya itu saja, perempuan yang punya kualitas ini juga biasanya punya hati yang tegar sehingga tidak mudah menyerah dalam menjalani hidup. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Bisa Mengontrol Emosi dengan Baik

Mengutip laman Bright Side, menjadi dewasa artinya bisa menerima emosi sendiri dengan baik dan tidak bereaksi dengan cara destruktif. Tidak gampang marah dan tidak langsung menyalahkan keadaan atau orang lain atas hal-hal yang sedang dirasakan. Kamu bisa menerima semua gejolak emosi yang kamu rasakan, dan senantiasa berupaya untuk menyikapinya dengan rasa tenang.

2. Bertanggung Jawab atas Setiap Tindakan

Kamu bertanggung jawab atas setiap pilihan dan tindakan yang kamu lakukan. Menyadari bahwa hidup ini senantiasa dipenuhi banyak pilihan, kamu dengan sadar senantiasa berupaya untuk membuat setiap pilihan dengan pertimbangan yang matang. Menerima setiap risiko dan konsekuensi atas tiap pilihan yang diambil.

3. Senantiasa Bersyukur atas Semua yang Dimiliki

Alih-alih kebanyakan mengeluh atau komplain, kamu lebih banyak bersyukur. Kamu mensyukuri semua hal yang kamu punya. Senantiasa berusaha untuk merasa cukup atas semua hal yang sudah dimiliki. Mengapresiasi setiap hal yang sudah ada saat ini dengan sepenuh hati.

4. Menerima Diri Sendiri Seutuhnya

Kamu mengenali kelebihan dan kekurangan dirimu. Senantiasa memaksimalkan kelebihan yang dipunya dan memperbaiki setiap kekurangan yang ada. Sehingga kamu bisa mengisi hidup dengan hal-hal yang bermakna. Bisa nyaman dengan diri sendiri dan tidak gampang terobsesi dengan membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain.

5. Tidak Mudah Menghakimi Orang Lain

Kamu berpikiran terbuka. Kamu bisa melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda-beda. Tidak mudah menghakimi orang lain. Cenderung menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada. Perbedaan yang ada menjadi warna baru dalam hidup, dan bukan malah dijadikan bahan perdebatan yang tidak perlu.

Saat kamu memiliki lima kualitas di atas, maka yakinlah kamu bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dan tegar lagi ke depannya. Semoga kita semua bsia senantiasa menjalani hidup dengan baik, ya.

Dodi Rahman

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *