Usaha Sampingan Modal Kecil, Cocok Untuk Mahasiswa

Bukan berarti tanpa pengalaman, anda tidak diperbolehkan menjadi entrepreneur. Terutama bagi mahasiswa, jika saat ini pun anda masih seorang mahasiswa. Hal itu tidak menjadi penghalang bagi anda untuk sukses sebelum jenjang pendidikan selesai. Coba bayangkan atau bermimpi mendapatkan kesuksesan seperti membayar uang kuliah sendiri, biaya hidup, uang saku dan bahkan membeli sebuah rumah. Mahasiswa memiliki banyak ide bisnis, tak heran saat ini banyak mahasiswa yang menjadi pengusaha sukses dan bahkan kaya raya sebelum lulus dari perguruan tinggi. Saat ini pun banyak jenis usaha dengan modal kecil yang cocok untuk para mahasiswa.

Jika Anda belum punya pekerjaan dan masih mendapat uang bulanan dari orang tua, tabunglah sebagian uang tersebut. Sisihkan 10 hingga 20 persen uang bulanan untuk tabungan usaha Anda. Jika memungkinkan, pisah tabungan modal usaha dari rekening pribadi.

Menghadirkan konten dengan visible yang menarik masih tidaklah cukup untuk menjadikan Anda sebagai influencer sejati. Anda juga perlu membangun networking dengan sesama influencer atau pun model ternama dengan bergabung pada sebuah komunitas dan menghadiri berbagai occasion besar. Langkah ini terbilang cukup manjur untuk Anda yang masih belum memiliki jumlah followers tinggi. Kemudian langkah ketiga adalah menciptakan konten dengan kualitas gambar atau video yang mumpuni.

Biarpun terdengar mainstream, gak ada salahnya buat kamu coba kok. Temen-temen kamu yang mau membuka bisnis pasti mengalami kesulitan saat mau membuat emblem atau katalog dagangan? Kamu bisa membantunya dengan menjadi seorang desain grafis yang handal. Untuk modal awal yang dibutuhkan pun tidaklah besar, yaitu sekitar Rp5 juta yang bisa digunakan untuk membayar staf EO yang bertugas pada acara nanti. Dengan berbanding keuntungan hingga belasan hingga ratusan juta, tergantung jenis acara yang diselenggarakan.

Cukup dengan modal smartphone atau laptop, information internet, dan tentu saja produk yang akan dijual. Sementara itu, kalau kamu mahir dalam berbahasa, buka bisnis les privat khusus bahasa Inggris atau bahasa asing lain yang kamu kuasai. Semisal kamu jago di bidang eksak atau sains, kamu bisa menjadi guru les privat untuk pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika. Kamu bisa memberikan pelajaran les privat ke beberapa anak, mulai SD, SMP, atau SMA, tergantung keterampilan. Itu dalam arti, kamu menjualkan kue punya orang lain dengan mengambil keuntungan sedikit dari sana. Dengan tekun berbisnis sedari kuliah, kamu akan lebih siap menghadapi the real life pasca wisuda nanti.

Modal usaha mahasiswa

Manfaatkan kesempatan baik ini untuk menekuni bidang yang Anda inginkan sebelum memasuki dunia pasca kuliah. Tentukan juga jenis barang apa yang Anda pilih untuk dijadikan bisnis dropshipper. Sebisa mungkin, pilihlah barang atau model yang Anda ketahui dengan baik spesifikasinya agar bisnis Anda dipercaya pelanggan. Bertukar ide dan pikiran juga sebuah hal yang perlu banyak dilakukan pengusaha. Untuk membangun usaha yang baik, butuh banyak masukkan agar dapat tercapai tujuan yang diinginkan bersama.

KTA Briguna Pendidikan menawarkan pinjaman dengan maksimum plafon Rp 250 juta. Adapun, tenor pinjaman untuk mahasiswa S2 adalah hingga enam tahun dan 10 tahun untuk mahasiswa S3. Berbeda dengan keempat jenis pinjaman untuk mahasiswa sebelumnya, KTA Briguna Pendidikan ditujukan khusus untuk mahasiswa S2 dan S3 yang telah berpenghasilan tetap. Pinjaman ini ditawarkan dengan bunga yang cukup rendah, yaitu zero,4-0,5 persen.

Selain itu, menumbuhkan bisnis kecil-kecilan saat kuliah dapat membantumu memiliki pekerjaan pasti setelah lulus nanti. Ia menjelaskan, bantuan modal usaha ini akan digunakan untuk berjualan takjil makanan buka puasa. Kemudian peserta pelatihan akan diwajibkan membuat proposal atau rencana bisnis untuk dinilai kelayakannya. Proposal yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan modal usaha tersebut. Menjanjikannya bisnis ini dikarenakan di era serba on-line ini banyak perusahaan besar maupun kecil pemasarannya sudah mulai meramba ke dunia on-line, Sehingga mereka membutuhkan jasa pembuatan website.

Toko yang didirikan sebenarnya bisa on-line maupun offline disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Mahasiswa bisa memanfaatkannya dengan membuka warung jus kecil-kecilan. Ide usaha anak kost ini bisa dilakukan di tempat yang tidak begitu luas dengan peralatan yang tidak mahal seperti blender dan gelas minum. Warung jus sendiri bisa dijalankan dengan rekan sesama mahasiswa atau menggunakan pekerja lainnya. Bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah bisnis yang berhubungan dengan hobi, yaitu bisnis jasa fotografi dan video. Banyak orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya karena hasilnya menjadi memori yang diabadikan.

Yups, jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu bisnis mahasiwa yang menjanjikan bila dikerjakan dengan serius. Terlebih untuk Anda yang tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat mennguntungkan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan. Barang-barang berharga tersebut bisa kita simpan dan mendapatkan uang untuk modal usaha.

Adi