Dosen Wirausaha Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha Di Period Baru

Bayangkan, dengan standing masih menjadi mahasiswa tapi memiliki bisnis dan juga penghasilan sendiri. Saat kuliah umum secara digital di Universitas Citra Bangsa, Kupang NTT, Sabtu, 22 Mei 2021 lalu, Bahlil Lahadalia meminta semua mahasiswa jangan pernah minder dengan mereka yang menempuh pendidikan di Jawa atau luar negeri. Sebab, kualitas seseorang tidak ditentukan oleh kampus atau lembaga itu. “Program GKN sejalan dengan misi Darmajaya, yakni mengembangkan jiwa entrepreneur dikalangan mahasiswa. Sinergitas ini mudah-mudahan bisa menjadi bekal dan kekuatan bagi kita untuk melahirkan generasi-generasi yang handal khususnya dalam berwirausaha.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Pembina HIMA Rekayasa Kayu yakni Bapak Ir. Syafi’i dan dilanjutkan sambutan oleh Koordinator Program Studi Rekayasa Kayu Ir. Dan terakhir sambutan dari bapak Pembantu Direktur III bidang Kemahasiswaan Husmul Beze S.Hut.,MP. Lebih lanjut disampaikan Beli Free Spin bahwa seorang pengusaha itu adalah orang yang mau bekerja keras atau berusaha yang orang lain tidak kerjakan. Indonesia membutuhkan kurang lebih 2 juta wirausaha yang bisa menopang pembangunan ekonomi Indonesia, namun saat ini masih sedikit belum setengahnya, pangkasnya.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Tidak semuanya berjalan dengan lancar, tetapi Nicholas tidak menyerah. Afrinaldy IsmailMahasiswa dari sekolah kedinasan penerbangan Indonesia yang mampu membangun usaha di usia 20 tahun. Sejak tahun 2017 di usia 17 tahun dengan latar belakang keluarga yang kurang mampu dan tekad untuk merubah nasib keluarga, ia mulai menabung dan membangun usaha coffee store pertama dengan nama BM Kopi. Selain sukses di bisnis coffee shop ia pun sukses membangun usaha angkringan yang diberi nama Angkringan BM dan telah mempunyai 5 cabang yang tersebar di Pulau jawa dan Jabodetabek.

“Diharapkan, pameran produk mahasiswa ini dapat lebih dikenal masyarakat dan bisa memberikan diferensiasi dari program entrepreneur yang ada. Diharapkan, kegiatan ini berkembang lebih besar lagi,” ujarnya. Prof Kacung mengatakan sebagai anak sulung dari lima bersaudara, Alim kecil memiliki tanggung jawab besar. Alim harus memupus keinginannya untuk melanjutkan sekolah hingga ke luar negeri.

Jika sebelumnya Jokowi mendorong masyarakat untuk aktif melontarkan kritik terhadap kebijakan pemerintah, seharusnya petisi BEM UI bisa dijadikan pembelajaran tentang etika komunikasi politik di depan publik. Meskipun tanpa mengabaikan faktor kompleksitas persoalan negara yang semakin runyam sejak pandemi. Lowongan relawan ini terbuka bagi mahasiswa dan tenaga kesehatan khususnya di bidang vaksinasi yang berdomisili di Jabodetabek. Nantinya, relawan ini akan membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar bisa secepatnya memenuhi target, sehingga kekebalan komunal bisa segera terbentuk. Calon peserta dapat berasal dari anggota masyarakat lulusan SMA/sederajat atau yang dulu pernah kuliah di program diploma, sarjana, atau magister tetapi karena alasan tertentu tidak sempat menyelesaikannya dan telah bekerja paling tidak selama 2 tahun.

Dengan mengikuti kegiatan itu, UMKM akan memiliki toko on-line, mendapat pendampingan mengelola toko online, punya area .id dan hosting gratis, serta penempatan produk di marketplace ternama . Tak hanya itu, setiap pemilik UMKM juga dibantu melakukan promosi produk, direkomendasikan mendapat KUR dari perbankan, dan terakhir pembuatan NPWP online. Amat disayangkan ternyata tidak banyak mahasiswa yang memahami akan peran yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sadar akan Tri Darma yang telah mereka ikrarkan ketika baru masuk dalam jenjang menjadi seorang mahasiswa.

Adi