Bila Si Kecil Sulit Makan

Serat dalam makanan nabati mendorong pertumbuhan bakteri “ramah” dalam usus kita. Terapkan pola makan ini secara rutin agar anak hapal jadwal makannya. Camilan juga sebaiknya dibuat dalam porsi kecil agar tidak membuatnya terlalu kenyang sehingga melewatkan waktu makan selanjutnya. Kelima, selalu ingat meskipun sulit untuk makan ketika tidak lapar, tubuh masih membutuhkan makanan atau bahan bakar untuk tetap berfungsi dengan baik. Dalam kasus ekstrim, penyakit mental dapat menyebabkan penurunan berat badan atau kekurangan gizi yang berbahaya.

Kebanyakan warga Australia juga tidak berpikir mereka akan lebih bahagia jika mereka memiliki, atau memiliki lebih banyak anak, dan perempuan (61%) merasakan hal ini lebih dari pria (55%). Ditanya apakah memiliki anak diperlukan untuk menemukan kepuasan dalam hidup, hampir dua dari tiga warga Australia yang mengikuti survei Australia Talks mengatakan tidak. “Di kebanyakan budaya, hidup artinya memiliki anak. Jadi jika Anda tidak memiliki anak, Anda bertentangan dengan budaya Anda,” ujar Prof Allen. Amirah Shah, yang pindah dari Singapura ke Australia dan memiliki latar belakang India-Pakistan, mengatakan dia yang sudah berusia 34 tahun masih “jauh dari proses memilik anak”.

Coba tawarkan menu favorit anak namun pastikan kandungan gizi tetap terjaga. Buat kreasi makanan menjadi lebih ceria dan menarik perhatian anak. Dengan menciptakan suasana makan yang menarik dari lokasi dan menu, maka anak akan tertarik untuk menghabiskan menu yang disiapkan. Ada beberapa masalah yang bisa mempengaruhi berat badan anak seperti cacingan, masalah pencernaan, paru-paru, stres, dan penyakit lainnya yang tidak terdiagnosa.

Sebuah penelitian mengungkapkan, kebanyakan anak mau makan sayur yang disajikan menggunakan saus. Saus sendiri adalah salah satu komponen makanan yang sangat disukai anak. Studi tersebut menunjukkan, kandungan kalsium dan protein yang tinggi dari yoghurt dan makanan olahan susu lainnya dapat menambah asupan energi dan meningkatkan nafsu makan. Vitamin penambah nafsu makan anak juga penting untuk sel darah merah dan perkembangan otak mereka.

Anak harus terus-menerus disajikan sayur saat makan, “walau reaksi bayi tidak langsung positif.” Penting untuk sabar, khususnya jika anak berusia antara 18 bulan dan dua tahun. Di usia ini, biasanya anak menolak semua makanan, bahkan yang sudah ia kenal sebelumnya. Protein hewani, terutama daging merah dan olahan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Cara agar anak mau makan banyak

Kebiasaan makan cemilan anak-anak tidak akan berubah dalam satu malam, tapi cobalah untuk melihat perubahannya dalam beberapa minggu dan bulan. Anak biasanya akan memakan makanan apa saja yang dekat dan mudah untuk diambil. Jadi, pastikan Mums selalu menyimpan dan menyediakan makanan dan camilan anak yang bergizi.

Orang tua yang terobsesi dengan makanan biasanya tidak bisa mengenali lapar kenyangsehingga tubuhnya menggemuk. Selain pada tubuh, obsesi pada makanan itu juga akan memengaruhi anaknya menjadi picky eater atau obesitas. Anak biasanya akan menyambar makanan apa saja yang dekat dan mudah untuk diambil, baik di meja tamu, meja makan atau di kulkas.

Nafsu makan bayi bisa menurun apabila terus-menerus mengonsumsi makanan yang jenisnya sama setiap harinya. American Academy of Pediatrics menganjurkan cemilan bayi diberikan 2 kali sehari, yaitu ketika di sela waktu makan siang dan makan malamnya. Cemilan berguna untuk menjaga ia agar tetap berenergi menunggu waktu makan besarnya.

Adi