8 Jurus Awal Memulai Wirausaha

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi , jurusan Biologi, semester lima, Ayu Zuhrotul Munawaroh mengatakan, wirausaha dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Situasi saat pandemi kini, jika mengalami sulit mendapatkan pekerjaan, maka jalur alternatifnya yaitu dengan berwirausaha. Bagi Ayu, tujuan utama kewirausahaan yaitu untuk mendapatkan penghasilan sendiri, supaya dapat memenuhi kebutuhan pribadi keseharian.

“Iya emang aku bisa aja menjual produkku ini dengan harga yang tinggi jika aku mau. Aku juga bisa aja kerja di perusahaan bonafit dengan gaji yang besar. Tetapi mohon maaf ya teman-teman, aku kuliah tinggi- tinggi bukan untuk uang atau balik modal dari seluruh biaya yang aku udah keluarin. Tetapi aku bahagia jika pekerjaanku dapat bermanfaat untuk orang lain baik dari segi biaya serta kesehatan mereka.” Jelas Yola. Sebagian kesepakatan adalah berdasarkan kontrak dan spesifik proyek, yang lainnya adalah bersifat jangka panjang.

Pengusaha sukses adalah mereka yang menganalisa dan meminimalkan resiko dalam mengejar keuntungan. Mari kita hadapi itu, Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Agar efektif, Anda harus mengenali kekuatan Anda dan berkonsentrasi untuk hal itu.

Secara tidak langsung, seminar kewirausahaan punya kaitan langsung dengan mentoring di atas. Karena belajar itu sifatnya bisa darimana saja dan dengan siapa saja, maka masa kuliah ini dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan ilmu dan keterampilan dengan cara apapun. Untuk mengetahui mentor seperti apa yang kamu butuhkan, cobalah untuk menggali beberapa hal yang belum kamu kuasai dan sebenarnya sangat penting untuk bisnis.

Atau bisa juga kalau Anda memiliki bakat menyanyi, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis Event Organizer untuk mengisi berbagai acara tertentu. Di sisi lain, selling merupakan kegiatan menjual produk tersebut. Tips pertama ini sangatlah membantu bagi mahasiswa yang cenderung memiliki keinginan yang tinggi sekaligus mudah jenuh.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

UTS Central akan menjadi pusat mahasiswa dan dosen yang semarak di pusat kampus. Selain akan menjadi tempat bagi Perpustakaan UTS yang baru, bagunan ini akan terdiri dari ruang baca, banyak ruang belajar mahasiswa, serta kantin yang menghadap taman Alumni Green dan juga terbuka untuk umum. UTS Central merupakan proyek pembangunan utama yang terakhir yang akan diresmikan sebagai bagian dari Rencana Utama Kampus UTS bernilai miliaran dolar. Kampus utamanya telah bertransformasi dalam beberapa tahun terakhir setelah investasi AUD 1 miliar untuk membangun fasilitas-fasilitas mutakhir di pusat distrik bisnis Sydney. Lokasi tersebut tidak hanya memberikan akses luar biasa ke industri dan pusat kreativitas, tetapi juga lokasi yang nyaman bagi mahasiswa untuk menikmati salah satu kota paling terkenal di dunia. Ketika kita sudah menemukan sebuah konsep bisnis yang ingin dijalankan, biasanya kita tidak tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha tersebut.

Seperti misalnya kamu bisa melakukan promosi online lewat media sosial atau memanfaatkan e-commerce dan toko on-line. Selain itu teknik promosi yang inovatif juga harus dilakukan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal. Inisiatif pembelajaran online di Universitas Bakrie ini didorong oleh tim UBpreneur yang melihat keterbatasan dalam membina calon tenant di tahap pra-inkubasi, yang jumlahnya semakin banyak. Solusi on-line entrepreneurship education dari WF merupakan langkah yang tepat saat ini guna memperkuat kurikulum kewirausahaan Universitas Bakrie. Dosen Kewirausahaan Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie, Ibu Prasmita Nursetyowati, MT, menyambut baik program ini, “LearnWise menjadi solusi bagi Prodi Teknik Lingkungan dalam mengembangkan kurikulum kewirausahaan”.

Bangunlah identitas dengan persona Anda untuk bisa menjangkau goal followers. Pastikan bahwa setiap konten Anda memiliki kualitas pesan yang positif, agar dapat menjadi inspirasi bagi yang lain. Misalnya dengan membagikan tips-tips tertentu yang sesuai dengan hobi Anda seperti suggestions make up, bermain musik, membuat desain, memasak dan sebagainya.

Adi