5 Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Kemudian, dilarang keras melakukan penyebaran information pribadi saat penagihan. Terlibat dalam berbagai kampanye PUMA, Kelly mendapatkan berbagai pengalaman menarik. Sayangnya, tahun ini masih dalam kondisi pandemi sehingga ia tidak mendapat kesempatan bertemu dengan ambassador lainnya. Momen pandemi yang terjadi selama lebih dari setahun ini ternyata juga membawa sisi positif bagi sosok Kelly yang dikenal cinta olahraga.

Atur anggaran pengeluaran sejak awal sehingga tidak kebablasan dalam menggunakan uang. Pengeluaran yang rendah juga menjadi salah satu kunci agar bisnis dapat bertahan dalam waktu yang lama. Mengatur keuangan bisnis memang tidak mudah, tapi dengan membatasi pengeluaran sejak awal akan sangat membantu.

Tanpa perencanaan yang baik, uang yang masuk akan hilang dan habis begitu saja. Maka di masa mendatang kamu akan mengalami kesulitan finansial, sehingga kehidupan sejahtera yang diinginkan tidak tercapai. Tak hanya itu saja, Anda juga harus mencatat apapun pengeluaran yang terjadi di dalam perusahaan. Untuk membantu melakukannya, tentu Anda bisa menggunakan berbagai software program akuntansi, aplikasi keuangan, atau memanfaatkan teknologi lainnya. Anda juga bisa menyewa jasa akuntan ataupun memang membuat tim akuntan khusus yang memiliki aplikasi keuangannya sendiri. Semua divisi diharapkan bisa melakukan pengeluaran yang efektif dan efisien.

Tips mengatur keuangan

Jadi, kesimpulannya hidup teratur ini susah-susah gampang juga, guys. Dengan membiasakan diri dalam mengatur keuangan, pasti semua orang juga akan terbiasa untuk hidup teratur. Inget ya, hemat bukan berarti pelit sama diri sendiri sampai-sampai kamu nggak membeli barang kebutuhan. Memiliki uang dalam tabungan yang dapat digunakan untuk keadaan darurat benar-benar bisa membuat kamu keluar dari masalah finansial dan membantu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Terlebih, jika kamu terbiasa menabung dan memperlakukannya sebagai “pengeluaran bulanan rutin” yang tidak bisa dinegosiasikan, kamu akan memiliki lebih dari sekedar dana darurat. Kamu akan memiliki uang pensiun, uang liburan, dan bahkan uang untuk mewujudkan impian lainnya.

Misalkan untuk rumah impianmu, kamu bertekad untuk membeli rumah yang diincar dalam kurun waktu dua tahun. Mengetahui harga DP beserta cicilan per bulan hingga lunas tentu akan mempermudah kamu dalam menerapkan cara mengatur keuangan ini. Pos biaya investasi atau tabungan menduduki posisi ketiga, dengan alokasi 10% dari pendapatan. Walaupun kecil, namun pos ini menjadi sangat krusial karena memiliki visi jangka panjang untuk membangun kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Mengingat pos ini dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak, liburan akhir tahun, sampai modal untuk buka usaha.

Namun, ada saatnya Anda diperbolehkan untuk berhutang demi kemajuan usaha. Pastikan ketika Anda menyuntikkan dana atau modal usaha dari hutang maka terjadi peningkatan laba atau revenue yang dihasilkan. Seharusnya, sekecil apapun pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan pribadi atau prive oleh pemilik usaha harus dicatat atau dibukukan. Tidak sedikit kasus tentang uang usaha yang digunakan untuk kebutuhan pribadi sang owner. Parahnya lagi, uang yang digunakan tersebut tidak ketahui secara pasti berapa jumlahnya.

Menjelang atau selama masa krisis, kita akan mendengar banyak rumor ini itu, atau bahkan hoax.Nah,di saat menerima kabar yang belum jelas kebenarannya, kita sebaiknya tidak langsung bereaksi. Cek dan ricek terlebih dulu informasi yang kita terima, daripada kita menyesal belakangan. Bahkan, IMF pun memperkirakan Indonesia akan masuk dalam kelompok negara yang cepat mengalami pemulihan setelah pandemi berlalu. Optimisme itu sejalan dengan proyeksi IMF atas pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan yang sebesar 6,1%. Selain itu, THR juga bisa kita manfaatkan untuk berdonasi supaya menambah berkah di hari raya ini.

Adi